Kenaikan berat badan selama masa kehamilan adalah hal normal yang selalu dialami oleh setiap wanita. Namun jika berat badan tak kunjung turun setelah proses melahirkan, maka hal ini bisa menimbulkan masalah baru.

Kondisi over-weight setelah proses melahirkan bisa meningkatkan risiko terjangkit masalah kesehatan lain seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak metode diet sehat yang dinilai efektif untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. https://303grilldallas.com/ Dilansir dari artikel Healthline, berikut ini 5 cara diet efektif untuk membantu menurunkan berat badan setelah proses kelahiran.

  • Konsumsi makanan tinggi serat

Makanan yang mengandung serat bisa menjadi pilihan untuk menu diet pasca melahirkan. Jangan lupa untuk mengonsumsi biji-bijian dan sayuran agar merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, rutin mengonsumsi makanan kaya serat akan melancarkan sistem pencernaan dan menurunkan produksi hormon yang mengatur rasa lapar di dalam tubuh.

  • Rutin menyusui si kecil

Menyusui sangat bermanfaat bagi kondisi kesehatan ibu dan anak. Pastikan Anda menyusui anak selama 6 bulan sesuai dengan rekomendasi dan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Dilansir dari World Health Organization, menyusui secara rutin selama 6 bulan memiliki banyak manfaat diantaranya, meningkatkan sistem imun bayi, menurunkan berat badan pasca melahirkan, dan menurunkan risiko penyakit bagi ibu dan anak.

  • Sediakan camilan sehat

Selama proses menyusui, seorang ibu membutuhkan asupan makanan untuk memproduksi ASI yang berkualitas dan mencukupi kebutuhan bayi.

Untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan dan cemilan sehat yang mengandung banyak nutrisi namun tidak membuat berat badan naik. Beberapa jenis cemilan sehat yang bisa kalian konsumsi antara lain yogurt, buah-buahan, sayuran, popcorn, hingga rumput laut kering.

  • Konsumsi air putih

Salah satu kiat sukses untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Apalagi jika sedang menyususi, pastikan Anda mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter setiap harinya agar tidak menganggu produktivitas ASI.

  • Tidur yang cukup

Setiap ibu pasti akan merasakan kurang tidur karena harus merawat dan menjaga bayi mereka sepanjang hari. Namun Anda harus sadar bahwa setiap orang membutuhkan jatah tidur yang cukup agar bisa beraktivitas dengan maksimal.

Kurang tidur bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh terutama masalah berat badan. Sebaiknya Anda menghindari minuman berkafein tinggi untuk sementara waktu agar bisa tidur, terutama saat malam hari. Nah itulah 5 cara diet sehat yang efektif untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan. Semoga bermanfaat!